Translate

Kamis, 30 Januari 2014

Tentang Neon Genesis Evangelion

Nah teman-teman nih saya akan berbagi sedikit tentang anime yang berjudul Neon Genesis Evangelion

karakter utama di Neon Genesis Evangelion
         Neon Genesis Evangelion terdiri dari 26 episode dimana 24 episode disiarkan di televisi selama tahun 1996 dan dua episode lagi dirilis dalam bentuk film layar lebar (kemudian Laserdisc) pada tahun 1997 dengan dua tahap. Kedua film ini didahului oleh sebuah film layar lebar berjudul Death and Rebirth of Evangelion yang adalah rangkuman ke 24 episode Evangelion (Feb 1997). Film kedua berjudul The End Of Evangelion yang tahap pertama dirilis bulan Juni 1997 dan tahap kedua pada bulan Agustus 1997. Pada versi laserdisc dan versi bioskop di luar Jepang film The End Of Evangelion ini diputar sekaligus menjadikan film berdurasi 2 jam.



  Seperti tertulis pada Kitab Kejadian 1, Tuhan menciptakan bumi beserta seluruh isinya. Lalu pada hari ke enam diciptakannya manusia pertama yaitu Adam. Setelah itu seperti tertulis pada Kitab Kejadian 2:18 dan seterusnya Tuhan menciptakan manusia kedua dari Adam yaitu Eve. Tetapi tidak begitu menurut banyak agama di dunia. Tuhan menciptakan manusia kedua juga dari debu tanah yaitu Lilith. Karena sama - sama diciptakan dari debu tanah, Adam dan Lilith sama - sama memiliki keinginan untuk berkuasa, sehingga akhirnya Tuhan mengusir Lilith dari Taman Eden. Lalu diciptakannya Eve dari Adam sehingga mereka berdua mempunyai rasa saling memiliki dan tidak berkeinginan untuk saling mendominasi. Cain adalah anak Adam dari Lilith sedangkan Abel adalah anak Adam dari Eve.
Setelah Cain membunuh Abel seperti di Kitab Kejadian 4, Tuhan mengusir Cain dan di perantauan itulah dia bertemu kembali dengan Lilith. Dari perkawinan ibu dan anak inilah lahir Lilim yaitu manusia - manusia. Sedangkan anak - anak Adam dan Eve disebut Angels. Manusia yang dilahirkan dari dosa ini terus berbuat dosa. Tuhan menyesal telah menciptakan manusia sehingga dia murka dan menenggelamkan semua manusia dengan air bah, inilah The First Impact. Hanya satu keluarga manusia yang boleh hidup dan diharapkan manusia belajar dari kesalahannya dan hidup baik. Tetapi Tuhan salah.
Kembali ke jaman ini, sekelompok orang yang memiliki akses di semua bidang baik ekonomi, politik dsb membentuk organisasi rahasia bernama SEELE. Pemimpinnya adalah seseorang bernama Chairman Keel. Chairman Keel adalah seseorang yang pada jaman dahulu kala dikutuk oleh Tuhan dengan tidak bisa mati. Di ruang kerjanya di episode 26 tertulis sebuah ukiran berbunyi "seseorang berlari dan memukul Yesus di pundaknya, cepat Yesus, mengapa engkau berlambat - lambat. Yesus menjawab Aku segera pergi tetapi engkau akan menunggu kedatanganku". Sedangkan para anggota SEELE lainnya berasal dari berbagai negara adikuasa seperti Amerika Serikat, Jerman banyak negara lainnya.
Beberapa waktu yang lalu ditemukan berbagai macam dokumen di dekat laut mati yang disebut dengan The Dead Sea Scroll. Ternyata temuan ini tidak semuanya dipublikasikan. Banyak yang memuat ramalan akhir jaman yang mengerikan. Atas dasar inilah SEELE akhirnya tahu awal dan akhir dari manusia. Kemudian mereka menemukan sebuah telur raksasa di bawah tanah Jepang.  Telur hitam atau Black Moon ini adalah telur dimana Lilith menetas. Kemudian juga ditemukan telur raksasa atau White Moon di antartika yang adalah telur dimana Adam menetas. Di dalam telur hitam atau Black Moon ini lalu dibangun sebuah kota bernama Geofront atau Tokyo 3. Geofront diciptakan sebagai kota mandiri, yang diharapkan bisa menjadi seperti bahtera Nuh untuk kemanusiaan.
Untuk mempelajari lebih lanjut temuan Dead Sea Scrolls, SEELE mendirikan sebuah organisasi rahasia lagi, yaitu GEHRIN. Untuk memimpin Gehrin ditunjuk seorang bioengineer, wanita muda bernama Yui Ikari. Yui kemudian menikah dengan seorang Biochemist muda bernama Gendou Ikari. Nama Yui sebelum menikah dengan Gendou tidak dijelaskan. Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa akan datang 11 Angel (saya ragu untuk menerjemahkan dengan Malaikat karena bahasa Jepangnya berarti disciples atau murid). 11 Angel itu bertugas menguji apakah manusia siap untuk berevolusi ke derajat yang lebih tinggi. Untuk itu manusia harus lulus dengan cara membunuh ke 11 Angel itu. Kedatangan Angel dinubuatkan di Kitab Wahyu 1:1.
Manusia dapat berevolusi apabila anak Lilith bergabung kembali dengan Lilith (sehingga Lilith memperoleh jiwa dan hidup kembali), atau bila anak Adam bergabung kembali dengan Adam (sehingga Adam memperoleh jiwa dan hidup kembali). Agar semua manusia dapat ditarik menjadi satu, 11 Eva harus membentuk formasi pohon kehidupan (Kaballa). Bila itu terjadi maka semua manusia akan terkumpul menjadi satu conciousness sehingga manusia satu melengkapi kebutuhan manusia lainnya maka dengan demikian semua manusia terpuaskan segala keinginannya. Ini tertulis juga di Kitab Wahyu 22:1-2.
SEELE tentu saja ingin supaya ini terjadi. Tetapi mereka ingin supaya anak Adam yang bergabung dengan Adam. Latar belakang sejarah Lilith yang penuh dosa membuat mereka tidak yakin evolusi melalui Lilith akan membuat manusia lebih baik. Sedangkan evolusi yang terjadi karena Adam akan membuat manusia menjadi lebih baik. Untuk itu mereka melebur GEHRIN dan membuat organisasi dengan kewenangan yang lebih besar yaitu NERV. Sekali lagi arti singkatan ini semua tidak dijelaskan.

 Untuk menjawab tantangan para Angel yang akan datang, NERV membuat Evangelion. Evangelion bukanlah sebuah robot seperti yang terlihat di awal - awal episode. Pada awalnya Evangelion tampil seperti robot raksasa yang dibatasi berbagai hal misalnya harus dihubungkan dengan kabel listrik, atau menggunakan aki yang hanya tahan 5 menit. Harus memiliki pilot dsb. Tetapi kemudian dijelaskan bahwa Evangelion adalah makhluk hidup yang adalah clone dari Adam. Oleh sebab itu dinamakan Eva yang artinya dari Adam (seperti Eve). Pada akhirnya terdapat 3 Eva yang dipakai NERV, tetapi EVA 01 diciptakan dari Lilith, bukan dari Adam. 
Seperti umumnya manusia yang memiliki jiwa, Eva juga memiliki jiwa. Supaya mereka berada dibawah kendali NERV, jiwa para Eva itu dihilangkan, sedangkan semua peralatan elektronis dan lempengan besi yang menutupi seluruh tubuh Eva (sehingga tampak seperti robot) adalah peralatan untuk mengurung jiwa Eva. Sebagai gantinya, pilot dimasukkan ke dalam kapsul bernama Entry Plug kemudian plug itu dimasukkan ke dalam tulang belakang Eva supaya para pilot berubah menjadi pusat syaraf yang mengendalikan Eva. Mencari pilot Eva sama dengan mencari orang - orang yang mampu secara jiwani ber-Synchro atau bergabung dengan Eva.
Kemudian NERV juga berhasil menciptakan super komputer bernama MAGI yang terdiri dari tiga buah sub komputer bernama Casper, Beltzasar dan Melchior. Beltzasar adalah nama lain Daniel, seorang genius dari Kitab Daniel  yang menurut sejarah menjadi penasehat tiga generasi kerajaan Babel. Ketiga bagian Magi diberi sifat Artificial intelligent yang berdasarkan pada sifat Prof. Naoko Akagi sebagai Wanita, sebagai Ilmuwan dan sebagai Ibu. Ketiga sifat ini terus berselisih dan suara mayoritas atas pertimbangan ketiga pribadi ini dikeluarkan sebagai hasil perhitungan Magi.
Beberapa tahun setelah pendirian GEHRIN - sekarang NERV, 3 buah Eva berhasil diciptakan, tidak termasuk ratusan sebelumnya yang gagal. Eva 00 adalah prototype sedangkan Eva 01 dan Eva 02 adalah Eva yang sukses. Test pilotnya adalah Rei Ayanami, gadis berusia 14 tahun. Rei mengalami banyak kesulitan untuk Synchro dengan Eva 00 maupun Eva 01. Pada salah satu percobaan synchro, Rei terluka parah karena Eva 00 menolak untuk dipiloti Rei.
Pada percobaan synchro Eva 01, Yui Ikari berhasil synchro 100% dengan Eva 01. Pada saat synchro itulah Yui Ikari seakan diberi tahu sesuatu oleh Eva 01 sehingga memutuskan untuk bergabung secara permanen dengan Eva 01. Maka jiwa Yui Ikari bersatu sepenuhnya dengan Eva 01. Hal itu menjelaskan sikap perlindungan yang berlebihan terhadap Shinji, pilot Eva 01, seperti ibu melindungi anaknya.
Prof. Naoko Akagi diam - diam jatuh cinta pada Gendou Hikari. Setelah Yui Ikari secara resmi dinyatakan mati, Naoko mencoba mendekati Gendou. Pada suatu hari Gendou memperkenalkan Rei Ayanami kecil kepada Naoko. Naoko sadar bahwa Gendou hanya punya 1 anak laki - laki yaitu Shinji. Rei Ayanami adalah clone gabungan dari Yui dan Lilith. Rei yang sedang belajar berperasaan dengan jujur memanggil Naoko sebagai nenek sihir, sebutan Gendou untuk Naoko bila sedang berbicara berdua dengan Rei. Sadar bahwa cintanya tidak terbalas, dan sadar bahwa dirinya hanya diperalat Gendou, Naoko mencekik Rei sampai mati, sebelum dia sendiri bunuh diri. Rei yang dikenal Shinji adalah Rei II. Jiwa Prof. Naoko masuk ke Eva 00 sehingga Eva 00 mempunyai tendensi untuk membunuh Rei.
Prof. Kyoko Zeppelin adalah ilmuwan Jepang yang menikah dengan seorang Jerman. Tugasnya adalah mengembangkan Eva 02. Pada uji coba synchro, sama seperti Yui, Eva 02 berbicara sesuatu kepadanya sehingga ketika uji coba selesai Kyoko menjadi gila dan berulang kali mencoba bunuh diri. Kyoko akhirnya mati bunuh diri meninggalkan Asuka yang masih berusia 6 tahun. Asuka kemudian menjadi satu - satunya pilot yang dapat synchro dengan Eva 02. Rupanya sebagian dari jiwa Kyoko tertinggal di dalam Eva 02.

Agar supaya para Angels tidak menemukan Adam sebelum waktunya, SEELE memutuskan untuk mengecilkan Adam ke ukuran embryo. Adam waktu itu berada di antartika. Pada saat inilah ledakan energi terjadi sehingga seluruh antartika untuk beberapa waktu mencair dan membuat air bah kedua. Ini disebut Second Impact.  Untuk menutupi hal itu mereka mengarang cerita bahwa ada meteor yang jatuh ke kutub selatan hingga mencairkan es dan menyebabkan banjir global.
SEELE bukanlah organisasi yang bodoh. Mereka memberikan kuasa yang amat besar kepada satu orang, oleh karena itu mereka mengirim beberapa spy, salah satunya adalah Ryoji Kaji, pacar Misato.
Evangelion dimulai dua minggu setelah kecelakaan Rei. Kota Tokyo 2 diserang oleh Angel 3 bernama Sachiel. Sachiel berbentuk robot raksasa yang mengerikan. Angel tidak dapat dihancurkan oleh senjata biasa karena Angel memiliki AT Field. Nerv menganggap bahwa AT Field adalah semacam pelindung (force field) yang melindungi Angel. Oleh karena itu Angel harus dilawan dengan Eva yang juga memiliki AT Field.

Pada saat itu pula seorang remaja berusia 14 tahun Shinji Ikari diselamatkan dari runtuhan gedung oleh Capt. Misato. Shinji lalu dibawa untuk "bertemu ayahnya". Pertemuan Shinji dengan ayahnya sungguh mengecewakan karena Gendou hanya ingin agar Shinji mengendalikan robot raksasa Eva 01. Shinji menolak. Gendou kemudian memerintahkan anak buahnya agar Rei dimasukkan untuk memiloti Eva 01. Shinji kasihan melihat Rei yang terus merintih kesakitan. Tubuhnya penuh dengan balutan perban. Shinji bersedia memiloti Eva 01. Pada saat itulah hangar dimana Eva disimpan runtuh dan sebuah besi hendak menimpa Shinji. Saat itu juga Eva 01 bergerak tanpa listrik dan tanpa pilot, melindungi Shinji dengan tangannya. Shinji masuk ke dalam Entry Plug. Di dalam entry plug, udara digantikan dengan cairan dengan LCL, yang menggantikan semua kebutuhan nutrisi dan udara pilot.

Diluar dugaan Shinji mampu ber-synchro sebesar 40% dengan Eva 01 tanpa latihan dan percobaan. Setelah Eva 01 diluncurkan Shinji yang tanpa latihan dihajar habis oleh Angel 3. Tangan Eva 01 ditekuk sampai putus dan cairan merah menyembur keluar dari tangan itu.  Shinji yang syarafnya terhubung dengan Eva 01 pingsan kesakitan. Pada saat itu hanya Shinji yang tahu bahwa dia sebenarnya pingsan dan tidak sadarkan diri. Sedangkan orang lain melihat Eva 01 menjerit liar, menumbuhkan tangan lain ganti yang putus dan merobek - robek isi perut Angel 3. Eva 01 telah sekali lagi bergerak tanpa pilot.
Beberapa episode kemudian Asuka datang ke Geofront / Tokyo 3 beserta dengan Eva 02. Pada waktu Eva 02 diantar ke Jepang menggunakan kapal, Misato bersama dengan Shinji dan kedua teman sekelasnya diajak menjemput dengan helikopter. Di kapal induk yang membawa Eva 02 inilah mereka pertama kali bertemu dengan Asuka. Kaji, bekas pacar Misato juga ada di kapal itu. Pada waktu Angel tiba - tiba muncul dan menyerang mereka, Asuka mengajak Shinji masuk ke Eva 02 dan melawan Angel itu bersama - sama. Synchro level mereka berdua mencapai 400% ... Pada saat inilah Misato berspekulasi bahwa Shinji dan Asuka adalah "soul mate". Kaji ternyata bertugas mengantarkan Adam dalam rupa Embryo ke Gendou. Adam dipinjamkan ke Jerman dalam rangka pembuatan Eva 02 yang di clone dari Adam.
Pada salah satu percobaan cross synchro, Asuka dicoba untuk synchro dengan Eva 00. Hasilnya Eva 00 menolak dan berubah liar serta berusaha membunuh Rei yang sedang berdiri di belakang dinding kaca. Setelah 5 menit, persis sebelum kaca berhasil ditembus battery Eva 00 habis dan Eva 00 berhenti bergerak.
Pada satu saat Eva 03 dikabarkan meledak ketika sedang dipasang mesin S2, yaitu mesin yang bisa menyebabkan Eva dapat aktif tanpa kabel dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Eva 04 adalah satu - satunya Eva yang berhasil dipasangi mesin S2. Teman sekelas Shinji menjadi pilot untuk Eva 04. Pada saat uji coba pertama ternyata Eva 04 adalah Angel dan mulai menyerang semuanya. Shinji menolak untuk menyerang Eva 04 karena di dalamnya ada manusia juga, meskipun Shinji tidak tahu bahwa temannya yang menjadi pillot Eva 04. Asuka dengan Eva 02 tidak mampu melawan Eva 04. Bahkan kepala Eva 02 ditarik keluar dari lehernya. Beruntung koneksi syaraf Eva 02 ke Asuka berhasil diputus sebelum kepala Eva 02 putus, bila tidak maka syaraf kepala  /  leher Asuka akan putus seperti Eva 02. Karena Shinji menolak untuk bertempur Gendou memutuskan untuk menggantikan Shinji dengan Dummy Plug , yaitu semacam Entry plug yang dikendalikan dari markas. Shinji tidak dapat lagi mengendalikan Eva 01. Pada saat itulah Eva 01 menghajar habis Eva 04, menghancurkan Entry Plug berisi manusia dari Eva 04 dan memakan isi perut Eva 04. Sejak itu pulalah Eva 01 memiliki mesin S2 dan dapat aktif tanpa kabel / battery.


Pada suatu hari Shinji bertanya pada Rei mengapa ia tidak pernah tersenyum. Rei menjelaskan tidak ada gunanya memiliki perasaan karena dia tidak punya siapa - siapa. Rei dulu suka kepada Gendou karena pada salah satu percobaan Gendou rela membuka entry plug berisi Rei yang sedang terbakar dengan tangan kosong. Tetapi Rei kemudian kecewa dengan sifat Gendou yang perduli pada Rei hanya untuk motif tersembunyinya sendiri. Rei menyimpan kaca mata gendou yang jatuh di dalam kamarnya, membayangkan betapa bahagianya dia apabila ada yang sunggung sayang kepadanya. Pada suatu ketika muncul Angel yang tidak dapat didekati. Untuk itu Eva 01 harus menembak Angel dari kejauhan. Apabila gagal / meleset diperlukan waktu 10 detik untuk mengisi ulang peluru energi dari senapan Eva 01. Pada saat inilah Eva 00 harus melindungi Eva 01 dengan perisai yang hanya bertahan 10 detik.  Pada tembakan pertama Angel sudah mengantisipasi dan tembakan meleset. Angel lalu ganti menyerang Shinji. Rei dengan Eva 00 melompat kedepan dan melindungi Shinji tepat pada waktunya. Persis 10 detik kemudian Shinji menembak kedepan, menembus Eva 00 dan menghancurkan Eva 00 dan Angel. Shinji lalu melompat keluar entry plugnya, dan membuka entry plug Rei yang sedang membara dengan tanggannya. Rei bertanya mengapa Shinji membuka entry plugnya. Shinji menangis sambil menjawab Rei untuk tidak merasa tidak punya siapa - siapa lagi. Untuk pertama kalinya Rei tersenyum. 
Angel muncul tiba - tiba dan meskipun berhasil dikalahkan sempat mengacaukan pikiran Asuka. Asuka terus berfikir bagaimana jahatnya ibunya dan mulai lagi membenci ibunya. Suatu ketika angel muncul. Asuka yang pikirannya masih membenci ibunya tidak dapat bersynchro dengan Eva 02. Sehingga kemudian ditarik mundur segera setelah diluncurkan. Keadaan Asuka makin parah sehingga koma dan terus tidak sadarkan diri sampai akhir dari kisah Evangelion ini.
Untuk melindungi Shinji, Rei mengaktifkan bomb bunuh diri. Eva 00 meledak bersama dengan Rei dan Angel. Prof. Ritsuko Akagi memerintahkan untuk melenyapkan bekas entry plug Rei beserta isinya. Shinji stress berat. Misato berusaha menghibur Shinji tetapi Shinji yang kini semakin takut kehilangan orang yang disayanginya mengusir Misato. Pada waktu itulah telepon berdering dan memberitahu bahwa Rei masih hidup. Shinji sampai di rumah sakit mengucapkan terima kasih kepada Rei. Rei menjawab dia tidak tahu menahu karena dia adalah yang ketiga.
Di bawah todongan pistol Misato, Prof. Ritsuko Akagi dipaksa untuk menjelaskan. Shinji dan Misato dibawa ke sebuah ruangan dimana terdapat banyak bangkai Eva yang gagal. Sampai akhirnya mereka tiba di sebuah reikuarium, tempat dimana ratusan Rei dibekukan. Prof. Ritsuko Akagi menceritakan keinginan Gendou untuk menggabungkan Rei dengan Lilith setelah semua Angel dikalahkan. Rei - Rei inilah yang sebenarnya disebut dummy plug, yang hanya dipakai sekali lalu dibunuh. Ritsuko juga menjelaskan pada Shinji yang selalu komplain bahwa LCL berbau mirip darah, bahwa LCL sebenarnya adalah darah Lilith / Adam. Lalu dengan menangis dia menghancurkan semua Rei yang tersisa, tanpa disadari bahwa sebelumnya Shinji baru saja bertemu dengan Rei. Itu berarti masih ada satu Rei yang masih hidup. Sementara itu Rei yang baru ini merasa bahwa ada memori - memori tentang Gendou dan Shinji yang tidak semestinya ia miliki karena ia baru hidup satu hari. Pada saat yang sama Shinji merasa bahwa ketika ia dekat dengan Rei ia merasa dekat dengan ibunya.
Berbagai Angel berhasil mereka lawan. Angel terakhir muncul dalam rupa Kaworu yang adalah remaja pria berusia 14 tahun yang dipanggil untuk menggantikan Asuka. Kaworu sangat baik kepada Shinji. Kaworu menemani Shinji kemana saja sampai mandi dan tidur bersama Shinji. Suatu malam Kaworu terbang dan mengaktifkan Eva 02. Eva 02 bergerak tanpa pilot ke arah Terminal Dogma, tempat dimana Lilith disimpan. Rupanya Kaworu yang adalah Angel ingin masuk dan bergabung kembali dengan Adam. Shinji dengan Eva 01 mengejar. Ketika sampai, Kaworu sadar bahwa tidak ada Adam disitu, tetapi hanya ada Lilith dan Rei. Misi Kaworu gagal. Eva 01 berusaha menyerang Kaworu tatapi tidak dapat karena Kaworu dilindungi oleh AT Field. Kaworu menjelaskan bahwa semua orang memiliki AT Field dan bahwa AT Field sebenarnya adalah sinar sebuah jiwa, yang tidak mungkin dimasuki jiwa lain.
Eva 01 berhasil melumpuhkan Eva 02 dan memegang Kaworu dengan tangannya. Kaworu menjelaskan bahwa evolusi akan terjadi via Lilith, sekaligus menjelaskan pada Shinji bahwa hidup dan mati sama saja baginya, karena sebentar lagi evolusi akan terjadi. Eva 01 pun meremas Kaworu dalam tangannya dan dengan demikian semua Angel berhasil dikalahkan. Pada saat itu Adam berada dalam bentuk embryo yang sudah disuntikkan ke dalam telapak tangan Gendou Ikari.

sumber: oocities.org

7 komentar:

  1. Trims penjelasannya...tapi puyeng juga ya...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gan tolong lanjutin sampe ke endingnya, ane ga paham sama sekali di bagian ending, kenapa shinji bunuh asuka, trus nanti dunia jadi gimana? Semua udah jadi lcl

    BalasHapus
  4. Lanjutin ama movienya juga gan the end evangelion

    BalasHapus
  5. Lanjutin ama movienya juga gan the end evangelion

    BalasHapus
  6. btw mantap bgt penjelasannya.
    tapi banyak yg beda dari atau gak disebutkan di animenya.
    apakah penjelasan ini berasal dari manga nya bang?
    atau dari penjelasan pembuatnya langsung??
    btw request tolong jelasin soal the end of evangelion juga dong bang...
    thanks..

    BalasHapus