Translate

Jumat, 31 Januari 2014

Kesamaan Neon Genesis Evangelion dengan Pacific Rim


Jadi sekarang bahwa saya telah menulis review dari Rim Pasifik saya pikir mungkin layak masuk ke perbandingan bahwa setiap orang tampaknya ingin membuat: Lingkar Pasifik vs Neon Genesis Evangelion. Apakah mereka benar-benar semua itu sama? Mari kita jatuhkan itu.

Sejak trailer pertama untuk Rim Pasifik naik (dan mungkin bahkan sebelum itu) orang telah membandingkan kaiju baru Guillermo del Toro vs Film mecha dengan puluhan-tua mecha serial TV Hideaki Anno. Bagi beberapa orang, itu menjadi semacam pujian ("oh my god, Lingkar Pasifik terlihat begitu mengagumkan, itu hanya seperti Eva"). Bagi orang lain itu sudah cara snidely menolak film ("Eva melakukannya pertama dan lebih baik"). Tak peduli bahwa semua komentar ini dibuat jauh sebelum film ini pernah dirilis, tampaknya menjadi pembicaraan bahwa orang ingin memiliki.
Untuk seseorang yang menjadi bagian dari Amerika Utara budaya anime selama sekitar satu dekade sekarang, ini ada yang mengejutkan dalam dirinya sendiri. Bahkan, membandingkan media Barat untuk anime dan menuduh mantan menjiplak yang terakhir adalah hobi lama penggemar anime Amerika. The Lion King? Sebuah rip-off dari Kimba the White Lion. Firefly? Tidak ada yang Outlaw bintang belum melakukannya. Dan kemudian ada The Matrix, yang Wachowskis memiliki lurus ke atas mengatakan terinspirasi oleh Ghost in the Shell.
Dalam pengalaman saya, orang-orang sering terlalu cepat untuk menggunakan "p" kata dan membingungkan penghormatan (atau hanya kebetulan, yang tidak terjadi) dengan rip-off. Tetapi karena itu membuat diskusi yang menarik dan saya selalu bersedia untuk berbicara tentang Eva (dan sekarang Rim Pasifik) mari kita memberikan beberapa pertimbangan tetap.
Pertama-tama, apa yang para seniman di belakang Rim Pasifik harus mengatakan pada subjek?
Inilah yang Guillermo del Toro telah mengatakan:
Saya belum melihat Evangelion. Aku menerima Anda Patlabor, [sebagai pengaruh] dari industri anime, atau, Tetsujin-28, saya tidak punya masalah mengatakan 'Aku mencintai mereka', 'mereka pengaruh bagi saya'. Mengenai Evangelion, saya memiliki DVD, saya belum membukanya, saya belum melihat itu. Ya, ada pengaruh anime [di Pacific Rim], tetapi bukan dari itu anime khususnya
Dan Travis Beacham (penulis skenario):
Saya melakukan cinta Evangelion sangat banyak, tapi aku benar-benar menulis sebagian besar Rim Pasifik sebelum aku melihatnya.
Pergi dari pernyataan mereka sendiri, tampaknya pengaruh nge upon Rim Pasifik sangat minim atau insidentil paling banyak. Namun, bagi banyak orang, itu saja tidak cukup. Setelah semua, beberapa mungkin bertanya, mengapa para seniman akan mengakui plagiarisme (mengabaikan fakta bahwa banyak seniman teratur polisi untuk inspirasi mereka sepanjang waktu, seperti del Toro lakukan dalam kutipan di atas)? Jadi mari kita turun ke rincian.
Apa kesamaan antara nge dan Rim Pasifik? Mari kita menghitung cara.
  1. Mereka berdua memiliki robot raksasa. Itu tentu yang terbesar, kesamaan paling jelas dan salah satu yang mungkin dimulai seluruh perbandingan di tempat pertama. Yang sedang berkata, itu bukan perbandingan yang sangat spesifik, mengingat bahwa nge hanyalah salah satu dari jumlah yang sangat besar animes mecha dari Jepang (banyak yang mendahului itu). Selanjutnya, sedangkan Jaegers dan Evangelions keduanya mecha, mereka terlihat berbeda secara mendasar jika Anda benar-benar langsung membandingkan mereka dan sementara Jaegers benar-benar hanya mesin perang raksasa, itu adalah titik yang cukup signifikan nge bahwa Evangelions tidak.
  2. Robot raksasa diciptakan untuk melawan monster raksasa. Diakui, baris "untuk melawan monster kami menciptakan monster" cukup sialan dekat dengan sesuatu karakter dalam nge benar-benar mengatakan pada satu titik dan memang, tema penting dari acara ini bagaimana Evas yang adalah kekuatan the Angels (hampir) dimanfaatkan untuk keselamatan umat manusia (semacam). Tapi sekali lagi, hal ini rusak jika Anda memberikan pertimbangan yang lebih serius. Nge tidak menciptakan mechas vs kaiju dan sementara garis membangkitkan nge, yang Jaegers sendiri tidak melakukannya. The Jaegers tidak diciptakan dari kaiju, mereka tidak sepenuhnya buatan manusia. The Evas, di sisi lain, secara fundamental Malaikat-seperti.
  3. Pilot berhubungan dengan robot mereka melalui antarmuka saraf. Ini sebenarnya memiliki cukup banyak kepercayaan sebagai titik, tapi aku tidak sepenuhnya yakin itu cukup dengan sendirinya. Kebanyakan mechas dikemudikan secara mekanis, bukan melalui antarmuka otak-mesin, tapi hanya karena nge dan Rim Pasifik mirip dalam hal ini tidak berarti bahwa mantan terinspirasi yang terakhir, terutama ketika cybernetics menjadi subjek semakin populer di sci moderen -fi (dan kehidupan nyata). Selain itu, Lingkar Pasifik memiliki sedikit tambahan tentang bagaimana hal itu hanya mungkin untuk aman pilot Jaeger ketika Anda memiliki dua pilot, tidak hanya satu, yang (dengan pengecualian Eva 3,33, yang hanya keluar tahun lalu) tidak terjadi di Evangelion. Jadi kita akan menghitung ini sebagai bukti sambungan, tapi hampir tidak konklusif.
  4. Negara-negara di Bumi telah bersatu untuk menghentikan ancaman terhadap eksistensi manusia. Ini adalah tua, kiasan lama dan hampir tidak unik untuk genre mecha, apalagi Evangelion pada khususnya. Pindah.
  5. Dunia ini diatur oleh dewan obfuscating pemimpin bangsa. Lihat titik sebelumnya. Selain itu, dewan di Pacific Rim hanya samar-samar mengingatkan Seele. Samar-samar. Yang terbaik.
  6. Utama wanita memiliki rambut sebagian biru, jenis seperti Rei. Sekarang memang benar bahwa Rei telah disalin dan disisipkan berulang-ulang dari satu film / seri ke depan, begitu banyak sehingga bahkan ada kiasan dinamai fenomena tersebut . Tapi sungguh, saya tidak berpikir Mako adalah kasus yang kuat untuk Rei-kloning (pun intended). Untuk satu hal, sementara Rei adalah sangat, sangat emosional tertekan dan luar biasa pemalu, Mako tidak takut menunjukkan emosinya dan memang, mendapat cukup marah / takut / playful pada berbagai titik. Memang, Mako mungkin lebih mirip dengan Rei daripada karakter lain dari Eva dan dia memiliki hubungan ayah-anak dengan komandan mirip (tapi sehat daripada) hubungan antara Rei dan Gendo, tapi saya tidak berpikir itu bukti- positif dari sambungan.
  7. Ada satu mekanisme yang memiliki bahwa salah satu, mata tunggal, jenis seperti Unit-00. Itu benar-benar adalah peregangan, mengingat bahwa dalam setiap cara lain Crimson Typhoon terlihat sama sekali berbeda.
Dan itu benar-benar hanya tentang mencakup. Pada satu titik saya pikir mereka menggunakan beberapa jenis pernapasan cair seperti di nge (atau The Abyss) ketika itu menunjukkan cairan emas di helm dua Beckets 'di awal, tapi kemudian yang jatuh seperti batu dan tidak pernah disebutkan ( atau ditampilkan) lagi, dengan pilot Rusia dan Cina menggunakan helm yang akan benar-benar bertentangan dengan hal semacam itu pula.
Sungguh, kebenaran adalah bahwa Neon Genesis Evangelion dan Rim Pasifik melakukan berbagi cukup banyak kesamaan. Tapi kebanyakan dari mereka tidak apa-apa yang belum pernah terlihat dalam ratusan anime sebelum dan sejak dan sisanya mungkin hanya kebetulan. Ini akan menjadi seolah-olah memiliki pahlawan berkostum sudah cukup untuk mengklaim bahwa Iron Man, Captain America, Spider-Man, dan The Dark Night semua rip-off dari Superman (dan ya, saya tahu klaim telah dibuat, tapi mari kita serius sekarang).
Lebih penting lagi, nada dua benar-benar berbeda. Sementara Rim Pasifik adalah sungguh-sungguh, perayaan besar-hati dari mecha dan kaiju genre Neon Genesis Evangelion adalah dekonstruksi dari mereka genre yang sama. Membandingkan keduanya adalah seperti membandingkan The Incredibles dan Watchmen. Ya, ada beberapa kesamaan yang menarik, dan ya, bahkan beberapa (sebagian kecil) plot poin yang sama, tetapi pada dasarnya satu adalah perayaan penuh sukacita dari genre sementara yang lain adalah kritik dari semua dasar-dasar yang memegang konvensi genre up. Tidak ada yang salah dengan menikmati keduanya, tapi jangan berpura-pura bahwa mereka adalah hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar